ISTIGHOSAH DAN SUNGKEM ORANG TUA JELANG UJIAN BERHARAP BERKAH DAN ADEM DALAM MELAKSANAKAN UJIAN

Posted on: May 7, 2018, by :

Kamis, 29 Maret 2018 sekitar  pukul 7 pagi tampak pemandangan yang berbeda khususnya untuk kelas 9. Jika biasanya mereka datang ke sekolah mengenakan seragam dan masuk sebelum pukul 7, hari itu tampak siswa berpakaian muslim ditemani orang tua, sebagian besar ibunya memasuki gerbang sekolah. Disambut oleh Bapak-Ibu guru dan pengurus OSIS mereka diarahkan untuk menuju ruang kelas 7 A sampai C dan langsung duduk bersila secara rapi. Ya, hari itu adalah saat dimana siswa dan orang tua  mengikuti  kegiatan Istighosah atau doa bersama  dalam rangka menjelang ujian. Dengan kegiatn doa bersama ini peserta ujian berharap diberi kemudahan dalam mengerjakan soal.

Tepat pukul 8 pagi kegiatan Istighosah dimulai. Diawali dengan sambutan kepala sekolah kemudian dilanjut dengan acara inti doa bersama yang dipimpin oleh KH. Muhail. Tampak orang tua dan siswa mengikuti kegiatan ini dengan khusu’. Apalagi posisi duduk yang dirancang orang tua dan putranya saling berdampingan membuat susana semakin haru. Acara Istighosah selesai pada pukul 9 kurang.

Sementara kegiatan Istighosah berlangsung tampak pengurus OSIS dibimbing oleh pembina sedang menata kursi yang di teras depan ruang KS sampai dengan ruang TU. Beberapa pengurus OSIS lainnya mempersiapakn beberapa baskom plastik yang diisi dengan air. Tentu saja hal ini menimbulkan tanda tanya beberapa siswa kelas 9 yang sempat melihat aktifitas tersebut. Wajar siswa kelas 9 penasaran terkait kegiatan setelah Istighosah karena kegiatan berikut yang berupa kegiatan sungkem dan basuh kaki orang merupakan acara yang dilakukan untuk pertama kali di SMP N 1 Purwojati. Kegiatan ini sempat disampaikan oleh kepala sekolah sebagai kegiatan kejutan untuk para orang tua.

Pada acara basuh kaki dan sungkem ini diawali dari kelas 9A. Diawali dengan siswa membawa baskom berisi air  diletakkan di depan kaki orang tua yang sebelumnyan sudah diminta duduk pada kursi yang sudah dipersiapkan sesuai no absen putranya. Siswa membasuh kaki ibu atau bapaknya sedang orang tua sambil mengusap kepala sang anak memberikan doa. Setelah itu sang anak dengan memeluk orang tua meminta maaf atas kesalahan-kesalahannya yang telah diperbuat. Demikian juga orang tua memaafkan kesalahan sang anak. Hal ini diharapkan hati anak akan lebih lega dan adem saat mengikuti ujian. Di samping itu dengan doa restu orang tua juga diharapakan dapat mendorong siswa untuk lebih bersungguh-sungguh dalam melaksanakan ujian hingga mendapatkan hasil maksimal. Tentu saja hasil ujian yang bagus juga dapat membahagiakan orang tua.

Acara basuh kaki dan sungkem tidak hanya membuat haru orang tua dan siswa, tetapi juga warga sekolah ynag menyaksikannya. Tampak beberapa ibu guru meneteskan air mata saat para siswa membasuh kaki dan memeluk orang tua mereka. Apalagi para orang tau hampir semua meneteskan air mata haru saat kakinya dibasuh sang anak. Keharuan suasana semakin tercipta ketika Bu Istiqomah membacakan narasi dan puisi yang menggambarkan betapa besar pengorbanan orang tua untuk kesukesan sang anak dan betapa besar pahala bagi anak yang berbakti pada orang tua. Iringan instrumen musik yang sedih semakin menambah suasana mengharukan.

Pak Sugeng sebagai pembina OSIS pun juga terbawa suasana, sesekali ia menghapus air mata yang perlahan mengalir dari ujung mata. Sebagai koordinator kegiatan ini, Ia merasa puas karena acara berjalan sesuai dengan rencana. Sementara para pengurus OSIS yang juga berperan dalam kelancaran kegiatan ini tampaknya juga merasakan kepuasan atas terlaksananya kegiatan dengan baik. Bahkan tanpa mengenal rasa lelah dibimbing oleh Pak Alwi mereka segera membereskan lingkungan kegiatan sehingga bersih kembali.

Dan tentu saja doa dari warga sekolah sangat diharapkan agar siswa kelas 9 sukses dalam melaksananakan ujian. Sedang para siswa kelas 9 tentu saja tidak saja mengandalkan doa karena yang paling utama adalah ikhtiar yang pantang menyerah. Selamat menempuh ujian anak-anakku doa kami menyertaimu, tetap semangat dan semoga sukses selalu. Amin.

Leave a Reply