GREEN SCHOOL FESTIVAL KOMITMEN SMP N 1 PURWOJATI DALAM BERPERAN AKTIF MENJAGA KELESTARIAN LINGKUNGAN

Posted on: February 5, 2019, by :

Komitmen SMP N 1 Purwojati dalam mewujudkan visi misi khususnya tentang kepedulian lingkungan tidak perlu diragukan lagi. Hal ini dapat dilihat dari berbagai kegiatan yang telah dilakukan yang telah dilakukan. Dari gerakan JUMADI (jamat Adiwiyata),JUMISAH (Jumat Infak Sampah ), BANGKOK GEDI (Bawa Mangkok dan Gelas Sendiri). Inovasi Tempat Wudhu 3in1. Bahkan pada akhir kegiatan semester tahun ajaran 2018/2019 tepatanya pada bulan desember diadakan kegiatan Green Schol Festival.

Green School Festival diadakan sebagai bentuk upaya menguatkan komitmen warga sekolah untuk berperan aktif dalam memelihara kelsetarian lingkungan. Dala kegiatan ini diadakan berbagai lomba yang bertema 3R yaitu Reduce,Reuse dan Recycle. Aadapun lomba yang diadakan seperti, lomba poster, mading,kliping, melukis tong sampah, fashion show berbahan limbah.

Lomba Melukis Tempat Sampah

Pak Sugeng selaku pemrakarsa kegiatan ini mengatakan bahwa green school festival bertujuan agar siswa mampu mempraktekan kegiatan 3R dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya di sekolah juga di lingkungan rumah masing-masing.Dengan kegiatan ini siswa diarahakan mampu mebuat kegiatan kolektif yang mampu  menanggulangi permasalahan lingkungan.

Lomba Fashion Berbahan Limbah

Puncak kegiatan ini adalah lomba fashion show berbahan limbah. Setiap kelas mengirimkan sepasang siswa yang memperagakan baju berbahan limbha hasil rancanagn kelas masing. Dalam kegiatan ini siswa diharapakan mampu mengeksplorasi kreatifitas secar kolektif. Tentu saja tidak  mudah karena perlu kerja sama kekompakkan dan yang lebih penting adalah kreatifitas. Ayu Rahmawati salah satu peserta Lomba ini menyatakan sangat senang mengikuti lomba ini karena dengan lomba ini Ia belajar bagaimana memanfaatkan barng-barang limbah menjadi lebih bermanfaat.

Secara umum kegiatan Green School festival berlangsung meriah. Siswa antusias mengikuti kegiatan ini. Disamping itu juga menghasilkan produk-[roduk yang menunjang kegiatan peduli lingkungan seperti poster, mading,kliping, dan tempat sampah. Dan tampaknya kegiatan ini akan dijadikan agenda  rutin sekolah. Harapannya melalui kegiatan ini semangat Adiwiyat akan terpelihara dengan baik.

 

Leave a Reply