GERAKAN JUMISAH DUKUNG PROGRAM ADIWIYATA DI SMP N 1 PURWOJATI

Posted on: February 5, 2019, by :

Sejak menyandang predikat sekolah adiwiyata pada tahun 2016 SMP N 1 Purwojati gencar melaksananakan berbagai program guna terciptanya green and clean school.Bahkan dalan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) dialokasikan 25% lebih anggaran guna menunjang program tersebut. Tidak itu saja warga sekolah secara sukarela menyumbang berbagai tanaman dan sarana lain.

Bapak SUDIRAN koordinor POKJA Bank Sampah

Dalam perjalanannya  keberdaan taman, greenhouse, dan berbagai fasilitas lainnya membutuhkan perawatan secara rutin. Tentu saja perawatan rutin ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Dan ini tentu saja perlu dicarikan sumber dana lain selain dari BOS.

Peran Siswa dalam Pemilahan Sampah

Guna mememcahkan masalah terkait besarnya biaya pemeliharan di atas SMP N 1 Purwojati melalui kelompok kerja Bank Sampah yang dimotori oleh Bapak Sudiran mengadakan gerakan Jumat Infak Sampah (JUMISAH). Gerakan infak sampah ini  adalah menghimbau kepada para warga sekolah khususnya siswa membawa sampah yang dapat dijual seperti kertas, kardus, besi dan plastik bekas kemasan minuman. Hasil dari penjualan ini masuk di Kas Adiwiyat. Dari Hasil penjualan, uang yang diperoleh digunakanuntuk membeli pupuk, tanaman hias, dan berbagai saran pendukung Adiwiyat. Hal ini seperti apa yang di sampaikan oleh Bapak Sudiran. Agra tidak terlalu meberatkan siswa JUMISAH dilakukan sebulan 2 kali yaitu minggu pertama dan minggu ketiga.

Gerakan JUMISAH sangat didudukung oleh warga sekolah. Hal ini terlihat pada sampah yang dikumpulkan oleh siswa rata-rata 0,5 kg – 1 kg. Pada hasil penjulan infak  sampah yang pertama diperoeh pemasukan RP452.000. Tentu saja jumlah uang yang relatif lumayan. Dan selanjutnya dengan gerakaj JUMISAH ini Adiwiyata SMP N 1 Purwojati tidak lagi mengalami kendala dalam pendanaan. Dan harapannya ke depan SMP N 1 Purwojati bisa meraih predikat sekolah ADIWIYATA MANDIRI. AMIN.

Leave a Reply